Macam Macam Sepatu Wanita dan Cara Penggunaanya

Senin, Juni 19th 2017.

18443856_640701309473175_7103180273205903360_n

Kalau sudah berbicara tentang sepatu wanita maka sepertinya akan asik. Sebab kebanyakan wanita menyukai shopping dan sepatu termasuk salah satu item yang tidak ketinggalan untuk dibeli ketika shopping. Sepatu dengan berbagai model dan warna yang menarik membuat wanita selalu penasaran, ingin mencoba dan bahkan ingin membelinya.

Sebagai wanita yang memang sudah seharusnya tampil anggun. Sepatu merupakan salah satu penutup (closing) fashion wanita yang perlu dipertimbangkan. Maka wajar saja, jika wanita memiliki banyak pasang sepatu. Sebab pada dasarnya wanita memang menyukai hal-hal yang lucu dan menarik serta ingin tampil cantik.

Tetapi sebelum masuk ke pembahasan jenis- jenis sepatu wanita dan penggunaannya, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Hal yang kamu perlu ketahui antara lain adalah pemilihan model, warna dan ukuran. Untuk model dan warna sendiri, sebenarnya kamu dapat menggunakan sepatu apa saja yang kamu rasa lucu dan menarik buat kamu. Namun kamu harus mempertimbangkan dari segi pemakaiannya.

Kebanyakan wanita kalau sudah dihadapkan dengan fashion-fashion yang menarik apalagi diskon pasti setidaknya melirik. Sebenarnya shopping sah-sah saja, tetapi kamu wajib tahu dulu kamu gunakan untuk apa sepatu kamu.

Jangan sampai kamu beli karena lucu saja tapi akhirnya jarang dipakai, kan sayang juga sepatu yang sudah kamu beli itu. Maka dari itu membeli sepatu jangan karena lucu atau diskon saja, namun juga kamu harus mempertimbangkan penggunaannya dan dipakai untuk apa.

Pilihlah model sepatu yang juga nyaman dan aman digunakan. Lalu sepatu itu tidak wajib mahal, tetapi bukan berarti kamu memilih yang semurah-murahnya. Sebab kebanyakan barang yang harganya murah itu kualitasnya kurang terjamin, lebih baik kamu beli yang mahal sedikit tetapi nyaman dan aman dipakainya.

Setelah itu kamu juga harus menyusun prioritas. Misalnya sekarang kamu mau beli sepatu casual, nanti kemudian beli sepatu pesta. Prioritas sesuai kebutuhan kamu saja. Jangan kamu butuh sepatu casual tetapi malah beli heels karena lucu, karena dijamin akan jarang dipakai. Kan sayang nanti sepatunya.

Sedangkan untuk pemilihan ukuran, agar sepatu yang kamu pakai tidak hanya terlihat bagus tetapi juga nyaman dan aman. Kamu sebaiknya memilih ukuran sepatu lebih besar 1 ukuran dari ukuran sepatu kamu sebenarnya (EU). Kenapa sebaiknya lebih besar 1 ukuran ? Supaya kaki kamu tidak lecet ketika berjalan kaki, nyaman saat menggunakannya dan yang terakhir supaya kamu tidak sulit ketika mau menggunakannya serta aman.

 

1. Flats

Sepatu flats, saya kira hampir semua dari kita mungkin sudah tahu sepatu flats itu seperti apa. Dari kata inggris ‘flat’ yang artinya datar. Bentuk sepatu flat ini memang mungil dan kecil. Namun flats sendiri ada jenis-jenis turunannya. Salah satu jenis flats yang paling populer adalah ballerina flats atau flats ballet.

Bedanya ballerina flats dengan flats biasa terletak pada bagian luar sepatunya. Kalau ballerina flats itu sudah cukup sering saya lihat dipakai, khususnya oleh anak-anak muda. Ballerina flats itu bentuknya slim, lonjong dan mengkrucut di bagian akhir depan sepatunya, sedangkan untuk bagian lubangnya cukup besar. Kalau flats biasa bagian luarnya lebih terbuka sehingga lebih memperlihatkan kaki kamu.

Selain itu ciri khas yang dimiliki ballerina flats adalah biasanya memiliki pita / aksesoris hiasan di dekat bagian sepatunya. Karena memang pada dasarnya ballerina flats diperuntukkan untuk kegiatan ballet maka rasanya akan cukup nyaman digunakan untuk jalan. Sebab ballerina flats sendiri memang dirancang untuk pergerakan kaki yang lincah.

Kamu dapat menggunakan sepatu flats untuk berbagai kegiatan santai sampai ke casual. Untuk penggunaan semi-formal dan formal sebenarnya boleh-boleh saja, tetapi akan lebih anggun jika dalam suasana formal memakai sepatu heels.

2. Loafers

Kata loafers sendiri mungkin diadopsi dari kata ‘loafer’ yang merupakan jenis roti dengan bentuk lonjong. Jenis sepatu ini bisa dikatakan mirip seperti ballerina flats. Perbedaannya adalah kalau loafers ini sedikit lebih tebal di bagian depannya. Selain itu, bagian depannya juga berukuran lebih besar. Dari segi ukuran, loafers memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan ballerina flats yang mungil. Namun keduanya sama-sama berbentuk slim.

Sepatu loafers ini sendiri ada beberapa jenis turunannya seperti yang terkenal adalah moccasin. Ciri khas yang membedakan moccasin dengan loafers adalah ada atau tidaknya tali pada sepatu tersebut. Sepatu loafers jenis moccasin umumnya memiliki tali sebagai aksesorinya.

Penggunaan loafers cukup mudah. Loafers dapat digunakan seperti layaknya sandal saja, tetapi di satu sisi juga masih memberikan kesan yang feminim. Lalu, karena ukuran loafers lebih besar maka menggunakannya juga akan lebih mudah (karena tidak terlalu press dan sempit).

Loafers dan moccasin cocok digunakan untuk kegiatan santai dan casual. Sebab sepatu loafers biasanya menawarkan kenyamanan bagi pemakainya ketika dipakai untuk berjalan-jalan dalam berbagai kegiatan santai dan casual.

3. Slip-On

Kalau tadi saya sudah membahas tentang loafers dan flats, sekarang saya akan masuk ke pembahasan slip-on. Slip-on menurut sumber lainnya dikatakan sama dengan loafers. Namun demikian slip-on masih berbeda dengan loafers kalau menurut saya.

Sebab bentuk dari slip-on lebih besar dari bentuk loafers yang modelnya lebih slim. Sedangkan untuk slip-on sendiri walaupun masih berbentuk lonjong tetapi bentuk depannya lebih tebal lagi dari loafers. Selain itu bagian kaki kamu juga akan terlihat lebih tertutup lagi jika menggunakan slip-on. Karena itulah, sepatu slip-on tidak begitu kontras menampilkan sisi feminim seperti flats dan loafers.

Cara penggunaan slip-on sama seperti loafers dan flats. Tinggal masukkan kaki kamu dan kamu sudah siap untuk pergi. Slip-on cocok dipakai untuk acara santai maupun acara casual. Untuk beberapa model, kamu dapat menggunakannya juga di acara semi-formal selama modelnya masih masuk tentunya.

4. Sneaker

Siapa yang tidak tahu sneaker ? Sneaker sekarang ini telah menjadi favorit khususnya bagi anak muda dan memang menyandang predikat sepatu anak mudah secara tidak langsung. Sebab model sneaker ini terkesan sporty dan elegan, cocok untuk anak muda yang sering ingin bertampilan dinamis.

Sepatu sneaker ini awal mulanya diperuntukkan untuk olahraga skateboard, tetapi seiring waktu penggunaannya berubah menjadi sebuah sepatu casual. Ciri khas dari sneaker ini adalah tali yang panjang. Tingginya juga bervariasi, ada yang semata kaki dan ada juga yang bahkan dibawah mata kaki atau disebut juga dengan sneaker model low-cut.

Penggunannya jelas untuk aktivitas casual. Lalu karena sneaker banyak warna dan modelnya, sneaker menjadi salah satu jenis sepatu yang cukup menarik. Sepatu sneaker ini memang paling nyaman jika dipakai untuk jalan-jalan. Namun kesan feminim pada sneaker ini tidak semenonjol yang ditampilkan oleh sepatu seperti flats dan loafers.

5. Boots

Sepatu boots merupakan sepatu yang biasanya bermodel tinggi (tinggi sepatu ataupun tinggi hak) dan disertai dengan tali maupun tanpa tali. Wanita dapat menggunakan boots untuk berbagai kebutuhan seperti misalnya untuk kegiatan pameran dan modeling serta bisa juga untuk aktivitas casual sesuai dengan modelnya saja.

Boots biasa memiliki tinggi diatas mata kaki dan memberikan kesan yang gentle. Namun untuk beberapa jenis boots seperti ankle boots, dapat memberikan kesan yang sexy. Pemakaian boots ini dapat disesuaikan berdasarkan aktivitasnya dan berdasarkan modelnya juga, karena jenis model boots sendiri cukup banyak.

6. Wedges

Wedges adalah jenis sepatu yang memiliki hak tebal dibawahnya (biasanya berbentuk segitiga). Bahan hak wedges biasanya adalah kayu atau karet. Wedges ini sebenarnya cocok digunakan untuk beberapa kegiatan casual maupun kegiatan semi-formal dan dapat membantu pemakainya agar terlihat lebih tinggi.

Kalau kamu tidak mau terlalu ribet memakai heels tetapi disatu sisi juga ingin terlihat tinggi maka kamu dapat menggunakan wedges. Namun karena wedges memiliki tinggi yang lebih, maka kamu harus berjalan dengan lebih pelan-pelan. Selain itu karena memiliki hak yang tebal maka wedges juga cukup berat untuk digunakan. Maka kamu harus mempertimbangkan pemakaian wedges sesuai dengan aktivitas kamu.

7. Heels

Kalau pria punya sepatu formal pantofel maka wanita memiliki heels sebagai sepatu formalnya. Sepatu jenis heels disertakan dengan hak dan model yang menonjolkan kesan feminim. Di satu sisi, heels juga memunculkan kesan keanggunan, kecantikan dan elegan bagi seorang wanita.

Heels biasanya memiliki bagian luar yang terbuka dan cendrung menampilkan kaki pemakainya. Heels juga dapat membuat pemakainya terlihat lebih tinggi. Maka tidak heran kalau sepatu heels sering digunakan untuk kegiatan formal seperti acara pesta, pernikahan, dan lain-lain.

Kalau untuk pemakaian biasa mungkin beberapa wanita akan mengalami kesulitan memakainya. Sebab untuk menggunakan heels juga dibutuhkan ketrampilan pemakainya. Heels bisa menimbulkan lecet di kaki, bahkan bisa membuat kamu selip dan terjatuh jika tidak terbiasa mengenakannya.

8. Sepatu Sports

Jenis sepatu terakhir adalah sepatu sports. Untuk jenis sepatu yang satu ini kamu boleh memilih model apapun yang kamu rasakan nyaman dan enak untuk dipakai. Sepatu sports ini bisa kamu gunakan untuk berbagai kegiatan olahraga dan memang peruntukannya untuk kegiatan olahraga. Jangan menggunakan sepatu-sepatu casual kamu untuk berolahraga, gunakanlah sepatu sports.

Selain itu, berlakunya juga sebaliknya. Kamu sebaiknya tidak menggunakan sepatu sports untuk berbagai kegiatan casual. Karena memang sepatu sports itu dirancang untuk kegiatan olahraga, dan kalau dipakai untuk kegiatan casual rasanya kurang pas saja.

Kesimpulan

Itulah jenis-jenis sepatu wanita yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk memilikinya. Perlu juga diingat bahwa kamu jangan membeli hanya karena sepatu itu murah atau memiliki model yang lucu, kamu juga harus melihat dari segi penggunaannya. Jangan sampai kamu sia-sia membeli sebuah sepatu. Selamat berfashion.

PRODUK TERBARU

Rp 625.000
Rp 700.000
Rp 750.000
Rp 650.000
Rp 750.000

Hubungi Kami

+6282143619791
+6282143619791
6282143619791

ALAMAT KAMI

    Shoeka Shoes Store
    Jl. Danau Maninjau Barat B3/A34
    Sawojajar, Kota Malang
    Jawa Timur, Indonesia

Rekening Bank

0115053391
Hardani Sucireswari
1440010597018
Hardani Sucireswari
057901010320508
David Wantino